SMK: Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

  
Kategori: K11 - SMK

 

KEGIATAN BELAJAR 

1. Kegiatan Belajar 1 : Sistem Pengaliran Bahan bakar 

2. Kegiatan Belajar 2 : Sistem Kelengkapan Bahan Bakar Bensin 

3. Kegiatan Belajar 3 : Prinsip Pembentukan Campuran Motor  Bensin 

4. Kegiatan Belajar 4 : Macam – Macam Karburator 

5. Kegiatan Belajar 5 : Pembersihan Karburator 

6. Kegiatan Belajar 6 : Pemeriksaan Karburator 

7. Kegiatan Belajar 7 : Penyetelan Pelampung 

8. Kegiatan Belajar 8 : Penyetelan Pompa Percepatan 

9. Kegiatan Belajar 9 : Penyetelan Sistem Cuk Tangan 

10. Kegiatan Belajar 10 : Overhaul Karburator 

11. Kegiatan Belajar 11 : Penyetelan Putaran Idle Tanpa Alat 

12. Kegiatan Belajar 12 : Overhoul Karburator Sepeda Motor 

13. Kegiatan Belajar 13 : Memperbaiki Gangguan – Gangguan   Sistem

  

PERISTILAHAN / GLOSSARY 

 

  1. Oversl ag Anti Dieseling yaitu salah satu komponen tambahan pada karburator untuk mencegah berputarnya mesin setelah kunci kontak dimatikan.
  2. Barrel yaitu saluran masuk pada karburator  sebagai tempat bercampurnya udara dan bahan bakar yang telah dikabutkan dari main nozzle. 
  3. Charcoal Canister yaitu salah satu komponen sistem bahan bakar yang berfungsi untuk menampung uap bensin dari tangki bahan bakar dan dari ruang pelampung pada karburator,kemudian mengeluarkannya pada saat mesin hidup.
  4. Dashpot  yaitu komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memperlambat penutupan katup gas pada saat pedal gas dilepas dari putaran tinggi.
  5. Sistem Pemutus Perlambatan (Deceleration Fuel Cut -Off System) yaitu komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk memutus aliran bahan bakar pada saat kendaraan diperlambat.
  6. Economicer jet yaitu bagian karburator yang terletak pada saluran stasioner  dan kecepatan lambat, berfungsi untukmempercepat aliran bahan bakar.
  7. ECU (Electronic Control Unit) yaitu komponen sistem injeksi bahan bakar elektronik yang berfungsi untuk mengolah signal -signal dari berbagai  sensor   untuk  selanjutnya  digunakan  sebagai  dasar dalam menentukan lamanya  injeksi bahan bakar dan mengatur saat pengapian.
  8. EFI (Electronic Fuel Injection)  yaitu sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara elektronik. Sistem ini merupakan salah satu jenis sistem bahan bakar pada motor bensin. 
  9. Katup termostatik (Hot Idle Compensator)   yaitu komponen tambahan pada karburator yang  berfungsi untuk  menambah udara  apabila  temperatur  di sekitar mesin panas. 
  10. PTC (Positive Temperature Coefficient) thermistor  yaitu komponen pada sistem  cuk otomatis yang berfungsi untuk mencegah arus yang berlebihan pada coil pemanas. 
  11. Pressure Regulator yaitu komponen sistem EFI yang berfungsi untuk mengatur tekanan dalam saluran bahan bakar agar selalu konstan. 
  12. Injektor (nozzle) yaitu salah satu bagian dari sistem injeksi bahan bakar yang   berfungsi  untuk  mengabutkan  (menyemprotkan)  bahan bakar ke dalam selinder (ruang bakar). 
  13. Venturi yaitu bagian yang menyempit pada tabung (saluran masuk udara) karburator. 
  14. Pneumatis yaitu hal-hal yang berhubungan dengan udara bertekanan/isapan. 
  15. Idle  (stasioner) yaitu suatu kondisi mesin (putaran mesin) tanpa beban, atau katup gas sedang tertutup.

Attachments

SMK: Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan.pdf

18-10-2018 10:13:56

Download Lampirkan