Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

  
Kategori: K8

DAFTAR ISI

Bab I Hidup Beriman
Bab II Hidup Berpengharapa
Bab III Memilih untuk Tidak Berputus Asa
Bab IV Dampak dari Hidup Beriman dan Pengharapan
Bab V Roh Kudus Penopang Hidup Orang Beriman
Bab VI Yesus Teladanku
Bab VII Belajar dari Para Martir
Bab VIII Setia Beribadah, Berdoa, dan Membaca Alkitab
Bab IX Tantangan Iman Masa Kini
Bab X Hidup Berkelimpahan
Bab XI Mengapa Bersyukur
Bab XII Bersyukur Bukan Sekedar Pasrah
Bab XIII Memilih untuk Bersyukur
Bab XIV Bersyukur dalam Situasi Sulit
Bab XV Allah Tetap Bekerja

GLOSARIUM

Allah turut bekerja : dalam segala sesuatu Allah tetap bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah
Arti ibadah : secara formal yaitu ketika kita menyembah Tuhan dalam sebuah liturgi baik di gereja, ibadah pribadi maupun dalam perkumpulan ibadah lainnya dan sebagai keseluruhan sikap hidup manusia yang memuliakan Allah.
Beriman : berpegang teguh pada keyakinan yang dimiliki akan suatu hal, karena hal itu dapat dipercaya dan diandalkan; mengamini janji-janji Allah di dalam Yesus Kristus dengan segenap hati, akal budi dan perbuatan.
Bersyukur : berterima kasih; mengucapkan syukur kepada Allah, merupakan salah satu hal yang harus terus dilakukan selaku anak-anak-Nya
Bersyukur dalam situasi sulit : karena melalui kesengsaraan kita, akan timbul ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
Bersyukur sebagai pilihan : memilih untuk bersyukur, bukan bersyukur karena terpaksa dan tidak tergantung pada situasi dan kondisi di luar diri kita.
Bersyukur sebagai tindakan aktif : harus diupayakan untuk selalu bersyukur sehingga diperlukan semangat untuk melakukannya.  
Cara menghadapi kesulitan : Fight artinya mengerahkan tenaga dan daya semaksimal mungkin, agar kesulitan itu dapat diatasi; dan flight artinya lari meninggalkan kondisi atau hal
yang sulit itu, karena memang tidak mendapatkan atau tidak mau mencari cara untuk mengatasinya.
Damai sejahtera : syalom (dalam bahasa Ibrani) dapat merasakan ketenangan, kententraman, dan sukacita, sekalipun tengah dalam kesulitan dan masalah
Hidup yang berkelimpahan : mengalami kelimpahan kasih karunia Tuhan melalui hubungan yang akrab dengan Tuhan, melalui pembacaan Alkitab dan persekutuan dengan sesama.
Hubungan yang intim dengan Tuhan : berkomunikasi dengan-Nya secara teratur; hubungan dibangun berdasarkan pengenalan, kedekatan serta pengetahuan akan Tuhan yang
melibatkan seluruh diri, baik hati nurani maupun akal budi. 
iman yang aktif benar-benar yakin
akan kebenaran Firman Tuhan dan sungguh-sungguh melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Karunia Roh Kudus : kelompok pertama, karunia-karunia yang dimaksudkan untuk menguduskan mereka yang menerimanya, yaitu hikmat, pengertian, nasihat, keperkasaan, pengenalan, dan takut akan Tuhan; kelompok kedua,  pemberian istimewa yang dianugerahkan untuk menolong orang lain, namun tidak dengan sendirinya menghasilkan pengudusan, yaitu karunia berkata-kata dengan hikmat, karunia berkata-kata dengan pengetahuan, iman, karunia untuk menyembuhkan, karunia untuk mengadakan mujizat, karunia untuk bernubuat, karunia untuk membedakan bermacam-macam roh, karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu, karunia untuk melayani dan untuk memimpin, karunia melayani, karunia mengajar, dan karunia menasihati.
Martir : mati karena mempertahankan iman percaya 
Memelihara iman : berdoa, bersaksi memberitakan Injil Kerajaan Allah,berani mengatakan kebenaran dan menegur yang bersalah, memiliki penguasaan diri, sabar dan tabah dalam penderitaan.
Mengasihi Tuhan : menyertakan Tuhan dalam apa pun yang kita kerjakan, menghargai pemberian-Nya dan berusaha menyenangkan-Nya.
Menjadi pengikut Kristus : mengikuti Yesus melalui sikap hidup dan gaya hidup kita, melalui apa yang kita ucapkan atau tidak ucapkan, apa yang kita lakukan, atau tidak lakukan, orang lain akan tahu bahwa kita adalah pengikut Kristus yang setia, yang sejati dan didasari oleh komitmen seumur hidup untuk memuliakan Tuhan dalam apa pun yang kita kerjakan
Pengharapan : percaya akan janji Allah; hal-hal yang membuat manusia bertahan menanggung segala macam  penderitaan dan kesulitan hidup, karena berharap akan kehidupan kekal di surga.
Peran Roh Kudus : datang untuk hadir bersama dengan orang yang berduka atau mengalami kemalangan untuk menguatkannya; memberikan kekuatan dan semangat baru bagi orang percaya yang mengikut Kristus, sehingga mereka benar-benar dapat menempuh hidup yang baru bersama Kristus serta meninggalkan semua kebiasaan lama yang merugikan.
Putus asa : sama artinya dengan putus harapan, yaitu keadaan dimana seseorang tidak memiliki harapan.
Roh Kudus : salah satu oknum Allah Tri Tunggal, disebut sebagai parakletos, yang artinya “dipanggil untuk menolong, menasihati”; menjalankan peranan sebagai pengganti Tuhan Yesus yang secara fsik sudah kembali kepada Bapa di surga.
Yesus sebagai tokoh yang sangat kontroversial : Yesus sering berbenturan dengan para pemimpin agama dan tokoh-tokoh yang merasa dirinya sebagai para penjaga Taurat, seperti orang-orang Farisi, dan para penjaga Bait Suci, seperti orang-orang Saduki, namun dekat dengan orang yang dibuang, dilecehkan, dan orang berdosa.



 

Attachments

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.pdf

11-08-2018 17:21:40

Download Lampirkan