Direktorat Kesetaraan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Tag

paket csejarah indonesiamodul 1direktorat kesetaraan

Sejarah Indonesia – Modul 1 – Menelusuri Kons

  
Kategori: Paket C

Paket C Sejarah Indonesia – Modul 1 – Menelusuri Konsep Sejarah

Modul pertama ini akan membahas tentang pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah. Apa saja yang harus diketahui serta dipahami warga belajar tentang sejarah. Tentu saja hal pertama yang harus dipahami warga belajar adalah memahami apa yang dimaksud dengan sejarah dan apa saja ruang lingkup dalam ilmu sejarah ?

Berbicara mengenai sejarah berarti berbicara mengenai tiga dimensi; apa, kapan, dan dimana. Apa menunjuk kepada peristiwa yang terjadi di masa lampau; kapan menunjuk kepada waktu terjadinya persitiwa tersebut; sedangkan dimana menunjuk kepada tempat peristiwa itu terjadi. Ketiga dimensi ini merupakan kerangka sejarah. Tetapi pada perkembangan berikutnya, kerangka sejarah tidak hanya menyangkut pada tiga dimensi saja tetapi ditambah 3 (tiga) dimensi lagi, yaitu mengapa, siapa, dan bagaimana. Mengapa menunjuk kepada hubungan sebab akibat dari sebuah peristiwa sejarah yang terjadi, siapa menunjuk kepada siap saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa sejarah yang terjadi, dan yang terakhiir adalah bagaimana yang menunjuk kepada bagaimana peristiwa sejarah itu bisa terjadi dan lebih menjelaskan tentang proses dari sebuah peristiwa yang terjadi.

Setiap bangsa di muka bumi ini mempunyai sejarahnya sendiri walaupun tidak semua bangsa mempunyai catatan tertulis. Melupakan sejarah sama dengan seseorang yang menderita“hilangingatan”. Mengenal diri berarti mengingat siapa kita kemarin dan hari-hari sebelumnya, sejak kita ada di bumi ini. Sejarah sekelompok orang entah itu kelompok keluarga, kelompok agama, atau bangsa adalah bagian dari “identitas” kelompok tersebut. Sejarah merupakan petunjuk tentang apa, siapa, manusia itu sebenarnya.

Oleh karena itu, kita tentunya sering mendengar istilah sejarah. Akan tetapi, apa sebenarnya pengertian sejarah dan ruang lingkup sejarah itu? Bagaimana seorang sejarawan merekonstruksi kembali masa lampau? Apa manfaat dan pentingnya kita belajar sejarah, baik sebagai individu anggota masyarakat, maupun bangsa? Marilah kita belajar pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.

Attachments

Sejarah Indonesia – Modul 1 – Menelusuri Kons.pdf

10-04-2018 09:49:18

Download Lampirkan