Direktorat Kesetaraan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Tag

paket cprakarya dan kewirausahaanmodul 5direktorat kesetaraan

Prakarya dan Kewirausahaan – Modul 5 – Laris Manis

  
Kategori: Paket C

Paket C Prakarya dan Kewirausahaan – Modul 5 – Laris Manis

Ekonomi suatu negara akan tumbuh dan berkembang dari sektor riil yang didukung kreativitas warganya dalam berwirausaha. Singapura dan Jepang menjadi contoh negara yang mampu menghidupkan ekonomi tidak dengan mengekplorasi sumber daya alam, namun dengan sector ekonomi. Sektor ekonomi kedua negara tersebut berkembang jiwa wirausaha penduduknya yang tinggi. China sebagai kekuatan ekonomi baru dunia kini banyak bertumpu pada kegiatan ekonomi kecil dan menengah yang dilakukan warganya. Tidak hanya pada skala perusahaan besar sebagaimana di Singapura dan Jepang.

Indonesia yang memiliki banyak sumber daya alam, baik hasil tambang dan pertanian, serta jumlah penduduk yang banyak dapat mengembangkan sektor usaha skala kecil dan menengah. Sumber daya alam sebagai bahan produk, sedangkan jumlah penduduk sebagai pangsa pasar. Pertemuan dua hal itulah akan menghasilkan suatu jenis usaha. Jenis usaha yang dihasilkan oleh kreativitas dan jiwa wiraiusaha penduduknya.

Oleh karena itu perlu ditanamkan jiwa wirausaha kepada segenap penduduk Indonesia, agar tidak sekedar menjadi bangsa konsumen namun juga bangsa yang mampu menjadi pemain ekonomi. Untuk  itulah perlu dikembangkan jiwa berani berwirausaha. Modul ini bermaksud memberikan pengetahuan dan agar peserta didik mampu melakukan pemasaran. Pertama, Unit 1 memberikan kemampuan memahami pasar, kedua memiliki kemampuan meramu pemasaran (Unit 2), dan kemampuan melakukan evaluasi usaha, memahami permasalahan usaha dan solusinya, serta pengembangan usaha (Unit 3).

Attachments

Prakarya dan Kewirausahaan – Modul 5 – Laris Manis.pdf

10-04-2018 09:37:07

Download Lampirkan